Rabu, 19 Desember 2018

Sultan Harapkan Kebun Percontohan Yayasan Bhakti Yogya Disinergikan dengan Pemda MSTECH Organik

Sultan Harapkan Kebun Percontohan Yayasan Bhakti Yogya Disinergikan dengan Pemda - MSTECH Organik

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X saat meninjau kebun percontohan YBY di Pakem, Sleman, Minggu (5/8/2018). (sutriyati/kabarkota.com)
SLEMAN (kabarkota.com) – Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X berharap, kebun percontohan yang dibangun Yayasan Bhakti Yogyakarta (YBY) di Blembem Kidul, Desa Harjobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DIY bisa disinergikan dengan Pemerintah Daerah (Pemda) DIY.
Harapan tersebut disampaikan Sultan dalam puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) YBY ke-27 di Kebun Percontohan YBY Pakem, Minggu (5/8/2018).

“Kebetulan kami saat ini, kami juga sedang membangun kebun percontohan terintegrasi di Kulon Progo,” kata Sultan.
Menurut Sultan yang juga salah satu pendiri YBY, ide membangun kebun percontohan di Pakem ini cukup baik. Mengingat, tantangan yang dihadapi Pemda DIY adalah tuntutan masyarakat agar produk-produk di sektor pertanian tanpa bahan kimia, atau dengan kata lain, produk-produk pertanian organik menjadi keinginan warga DIY.

Sementara Ketua Umum YBY, Sucipto menyatakan bahwa pihaknya menyambut baik keinginan Sultan tersebut. Ke depan, rencananya kebun percontohan serupa juga akan didirikan di Bantul, Kulon Progo, dan Gunung Kidul.

Selain membangun kebun percontohan ini, pihaknya juga akan berupaya membantu petani cokelat di Gunung Kidul sehingga nilai produknya lebih meningkat. “Kami akan membantu untuk pengolahan dan pemasarannya,” ungkap Sucipto.

Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam sambutannya juga berharap, keberadaan kebun percontohan di Pakem ini bisa memberikan kontribusi positif untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya bisa mengentaskan kemiskinan di Sleman.

Pada kesempatan ini, Sultan didampingi Bupati Sleman dan para pengurus YBY dan Masyarakat Pertanian Organik Indonesia (Maporina) juga meninjau lokasi kebun percontohan, termasuk green house yang digunakan untuk pengembangan sistem pertanian aquaponik dan microgreen.

Ketua 1 YBY, Joko Sidik Pramono menjelaskan, serangkaian kegiatan telah digelar guna merayakan HUT YBY ke-27, yang digelar sejak tanggal 3 – 5 Agustus 2018. Mulai dari pagelaran wayang kulit, pembagian sembako gratis, bazaar dari 32 UMKM, deteksi dini kanker serviks, dan pelatihan pertanian dasar organik, serta pentas seni. (adv)

Sumber: https://kabarkota.com/sultan-harapkan-kebun-percontohan-yayasan-bhakti-yogya-disinergikan-dengan-pemda/?fbclid=IwAR08eTttJFUNhLWmKoFPX4PW9ICDzs1w1pyniShO4MUp22g_SUkC_kIU8Ew
Load disqus comments

0 comments

DESKRIPSI PUPUK TOP DWE

DESKRIPSI PUPUK TOP DWE
PAL (PUPUK ALAMI LENGKAP) DAN ZPTA (ZAT PENGATUR TUMBUH ALAMI)